Total Pageviews

Monday, September 08, 2008

Diary - Monday 8 September 2008

Hari ini anak2 Year 12 mengahadiri acara Principalship Talk. Disini the Principal dan dua orang deputy-nya, Curriculum dan Resources beserta Head & Deputy of Faculty tertentu memberikan sedikit gambaran tentang college dan prestasi2nya. Ini adalah kelima kalinya saya ikut hadir diacara tahunan menyambut siswa baru ini, dan hampir tidak ada format baru atau sesuatu yang berubah dari acara ini.

Dimulai oleh Principal yang menyampaikan statistics apa saja prestasi college misalnya dari hasil ujian nasional 98% siswa tahun lalu berhasil menuntaskan sekolah (naik dari 97% tahun sebelumnya dan diatas rata2 rate nasional). Dan 100% lulus pada 33 mata pelajaran (naik dari 28 sebelumnya). Ada 111 siswa dari 1500 siswa tahun akhir yang memperoleh nilai A antara 3 - 4 mata pelajaran. 850 siswa berhasil mendapat tempat di university setelah melalui seleksi ketat, panjang dan cukup melelahkan tentu.

Kemudian giliran deputy bag. kurikulum yang mempresentasikan beberapa profil siswa tahun lalu yang berhasil. Misalnya siswa2yang mendapat nilai A disemua mata pelajarannya (A level, beberapa diantaranya menyabet top 5 atau top 10 of the country) dan tembus kuliah di Cambridge, Oxford dan uni2 besar lainnya. Tahun ini profil2 yang ditampilkan adalah 3 orang white (kuliah di Cambridge, Oxford & Manchester) dan 3 orang Asian (kuliah di Aston University). Sayangnya profil dari Blacks dan ethnics lainnya tidak muncul, atau mungkin memang tidak ditemukan yang memenuhi criteria ‘berhasil’ ini. Tentu saja details lebih lengkap prestasi ini juga bisa diakses oleh public di website sekolah.

http://www.solihullsfc.ac.uk/news/latest/seeing-double-%11-twin-exam-success/
http://www.solihullsfc.ac.uk/news/latest/oxbridge-success/
http://www.solihullsfc.ac.uk/news/latest/top-marks-at-advanced-level/

Yang menarik adalah paparan dari head of faculty yang menyampaikan 'Recipe for success' yang menurutnya disusun berdasarkan pengalaman puluhan tahun menjadi staff pengajar di college. Isinya norma2 umum, apa yang harus dilakukan siswa jika ingin sukses, seperti belajar sungguh2 sesuai kemampuan, atur waktu sebaik2nya, dengar arahan dan saran dari guru dan staff pembimbing, selalu kontak bila mengalami kesulitan belajar atau tidak hadir, hadir dan datang tepat waktu (punctual) agar success dalam belajar, tidak bekerja part time lebih dari 9 jam per minggu, dll. Tentu saja resep ini dibuat dari point of view-nya college, yang tentu sangat subjektif sekali. Namun saran sederhana ini terbukti mampu membuat siswa memperoleh hasil yang lebih baik setiap tahunnya.

Kemudian di tutup dengan menonton video clip tentang student council (kira2 samalah dengan OSIS = organisasi siswa intra sekolah), dimana tentu menghimbau anak2 untuk turut serta aktif didalam council sebagai representasi siswa dalam struktur sekolah. Yang menarik yang menjadi ketua tahun ini adalah siswa yang cacat - artinya tidak ada hambatan bagi mereka2 yang ada hambatan secara fisik, selama ada kemauan.

No comments: