Total Pageviews

Wednesday, January 13, 2010

Link Mendownload Soal-soal Ujian Nasional

Pada awal Januari saya diundang untuk membedah SKL ujian nasional berdasarkan Permen 75/2009 didepan siswa SMP, SMA & SMK di Loa Kulu, Kutai Kartanegara. Sebagaimana yang dikutip oleh Sapos dan Humas Protokol Kukar di web mereka:

http://www.sapos.co.id/berita/index.asp?IDKategori=278&id=3198
http://humas.kutaikartanegarakab.go.id/index.php/read/barlin-k-siswa-harus-punya-strategi-khusus-menghadapi-ujian/

dipertemuan tsb saya menyampaikan bahwa:
“... siswa harus mempunyai stategi khusus untuk menghadapi ujian. Hal paling penting adalah stategi belajar yang baik, salah satunya siswa harus mempunyai kisi-kisi soal yang kira-kira keluar di ujian mendatang.
"Kita tidak usah belajar semua pelajaran, cukup meringkas pelajaran dengan menggunakan kisi-kisi, sehingga akan lebih mudah memahami," ujarnya.
Banyak cara bisa dilakukan untuk belajar pada jaman modern ini, seperti internet. Dengan menggunakan internet, siswa dapat mencari soal-soal baru untuk belajar. Cukup dengan waktu yang singkat dan harga yang terjangkau siswa sudah bisa banyak mendapat soal-soal untuk mengasah kemampuannya. Dengan adanya internet siswa di daerah terpencil pun dapat bersaing dengan siswa-siswa yang ada di kota besar”.

Untuk mendapatkan soal-soal UN bagi siswa (dan guru) yang saya usulkan diatas, siswa perlu menggunakan waktu yang ada ini untuk mengunduhnya di internet. Contohnya untuk men-download Bank Soal Bahasa Inggris tahun 1985 – 2007, bisa di unduh di website berikut ini:

http://mohammadihsan.com/view.php?subaction=showfull&id=1226425666&archive=&start_from=&ucat=9&

Semoga bermanfaat.

No comments: